One Piece Video

Loading...

Minggu, 13 Mei 2012

Shanks “si Rambut Merah”

sumber data :  http://onepieceindo.com/



Nama Jepang: シャンクス
Nama
alias: Shankusu
Nama
inggris: Shanks
Penampilan
Pertama: Bab 1; Episode 4
Hubungan: Pirates Rambut Merah, Yonko, Roger Pirates (mantan)
Pekerjaan: Pirate Kapten,
anak buah kapal Gol D roger (mantan)
Julukan: "Red-Haired Shanks" (
シャンクス Akagami tidak Shankusu)
Jepang VA: Shuichi Ikeda
4Kids Inggris VA: Tom Souhrada
Funi Inggris VA: Brandon Potter
Umur: 27 (bab 1)
37 (Bab 1 untuk 597), [1]
39 (Bab 598 dan seterusnya) [2]
                                                                                     Ulang Tahun: Maret 9 [3]


Shanks “si Rambut Merah” adalah nama seorang tokoh fiksi dari serial anime dan manga One Piece. Shanks adalah bajak laut besar yang terkenal dengan nama Si Rambut Merah dan sekarang menjadi salah satu dari 4 kaisar bajak laut, Yonkou.
Shanks Shanks adalah salah seorang bajak laut yang kuat dan melegenda di Grand Line; seorang kapten dari Kelompok Bajak Laut Rambut Merah dan salah seorang dari Yonkou di Grand Line. Dia adalah pahlawan bagi Monkey D. Luffy dan mantan kru Kelompok Bajak Laut Gold Roger, Sang Raja Bajak Laut. Secara umum, ia sangat dihormati oleh banyak tokoh cerita, meskipun ia ditampilkan sebagai seorang yang ‘lembut’ dan bersahabat dan tidak pernah muncul dalam adegan pertempuran sampai ia bertarung dengan Shirohige. Hanya sedikit kemunculannya dalam cerita ini.
Kemunculan terakhirnya adalah ketika dia mengakhiri Perang Marine Ford setelah sebelumnya menghentikan Akainu yang akan membunuh Coby.
Shanks selalu mengenakan sebuah mantel hitam di pundaknya dan mengenakan sebuah topi jerami sebelum akhirnya ia memberikan topi itu kepada Luffy. Ia selalu mengenakan celana panjang-tanggung dan menggunakan sendal sebagai alas kakinya. Hal yang paling mencolok dari diri Shanks adalah rambutnya yang merah, sehingga ia dipanggil ‘Shanks si Rambut-Merah’. Ia juga memiliki 3 bekas luka di sekitar mata kirinya, yang didapatkannya ketika ia bertarung dengan Kurohige di masa lalu. Ia kehilangan tangan kirinya ketika ia menolong Luffy dari monster laut. Shanks dan krunya sering diperlihatkan sedang berpesta-pora di cerita ini.
Dalam sebuah polling karakter terfavorit di Jepang, ia menempati tempat ke-10. Ia juga muncul dalam Jump Ultimate Stars meskipun hanya menjadi pemeran pembantu.

 

Permulaan One Piece


Shanks pertama kali muncul dalam One Piece Romance Dawn: Versi 1 di Shonen Jump Specials satu setengah tahun sebelum One Piece diterbitkan. Sedikit berbeda dengan versi original One Piece, di sana diceritakan bahwa tangan Shanks hilang dimakan hiu, bukan oleh monster laut.
Dalam One Piece Romance Dawn: Versi 2, diceritakan bahwa Luffy mendapatkan topi dan buah iblis dari kakeknya, bukan Shanks. Hal ini menurut Oda adalah karena ia ingin karakter Shanks tetap menjadi misteri sebelum serial One Piece diterbitkan.

 

Anak Buah Roger


Waktu Shanks masih muda, dia adalah salah satu awak kapal di kapal Gold Roger, sang raja bajak laut bersama anak buah lainnya, Buggy Badut. Shanks sering berkelahi dengan Buggy dan juga sering membicarakan masa depan dengannya. Pada suatu hari, Buggy mengambil Buah Iblis yang didapatkan oleh Bajak Laut Sang Raja Bajak Laut. Diputuskan, buah itu akan diberikan pada siapapun yang berani memakannya. Karena Buggy tahu kalau bila buah itu dijual harganya 100 Juta Berry, maka dia membuat sebuah buah iblis palsu yang bentuknya mirip, lalu memakannya. Sementara buah aslinya disimpan. Ketika Buggy sambil sembunyi-sembunyi melihat buah iblis yang disimpannya, Shanks mengagetkan Buggy sehingga Buah Iblis (yang tadinya akan dijual) di tangan Buggy disembunyikannya di mulut, dan ketika dikagetkan untuk kedua kalinya, buah iblis itu (Bara Bara) tertelan oleh Buggy, sejak saat itu Buggy jadi membenci Shanks. Shanks dan Buggy juga sering menghadapi kelompok bajak laut Shirohige, ketika masih menjadi anak buah Roger. 22 tahun yang lalu, pada hari Gold D. Roger dieksekusi, Shanks dan Buggy berpisah jalan karena Buggy tidak mau bergabung dengan kelompok Shanks. Akhirnya Shanks membentuk kelompok sendiri dan menjadi kelompok yang hebat.

 

Shanks Si Rambut Merah


Kini Shanks telah menjadi bajak laut yang hebat, dia (dikabarkan) pernah mengalahkan Juraquille Mihawk, 
salah seorang dari Shichibukai dan akhirnya menjadi kawan. Dia dinobatkan oleh pihak pemerintah sebagai salah seorang dari Yonkou karena kekuatannya. Sebelumnya dia juga (dikabarkan) pernah bertempur melawan Kurohige, Marshall D. Teach sehingga mata kirinya terluka dan meninggalkan bekas luka.

 

Shanks dan Luffy


Sepuluh tahun yang lalu, Kelompok Bajak Laut Shanks berlabuh di sebuah desa kecil di East Blue, Desa Fuschia. Disana, dia sudah berlabuh semenjak 1 tahun yang lalu dan menjadi akrab dengan penduduk, termasuk bocah dari desa, Monkey D. Luffy. Shanks dan awak kapalnya sering berkumpul di Party’s Bar bersama Luffy. Luffy sering mendengar cerita-cerita bajak laut dari mereka dan Luffy ingin sekali pergi ke laut bersama mereka, tetapi selalu ditolak oleh Shanks. Pada suatu hari, Luffy memakan buah iblis yaitu buah Gomu Gomu yang tadinya adalah barang rampasan Shanks, pada saat yang sama, muncul seorang perompak gunung Higuma dan menghina para bajak laut itu. Shanks hanya tertawa saja dan akhirnya Luffy kesal karena mestinya Shanks menghajar orang itu. Esoknya, Luffy dipermainkan perompak gunung itu, kemudian anak buah Shanks segera menghajar semua anggota perompak, tetapi Higuma kabur ke laut. Shanks mengejar Higuma yang ternyata sudah tewas dimakan Monster Laut, lalu Shanks berusaha melindungi Luffy dari monster laut dan lengan kirinya termakan oleh monster laut. Shanks hanya menatap dingin monster laut itu dan monster laut itu pergi menjauh karena ketakutan melihat mata Shanks. Akhirnya Luffy mengetahui alasan Shanks tidak mau mengajaknya, karena dahsyatnya lautan. Beberapa hari kemudian, Shanks meninggalkan desa Fuschia, pada saat Shanks akan pergi, Luffy bersumpah akan menjadi seperti Shanks dan mengumpulkan teman sepertinya yang nantinya dia akan jadi raja bajak laut. Shanks kemudian memberikan topi jerami yang selalu dipakainya kepada Luffy dengan harapan kelak Luffy akan mengembalikannya.
Shanks muncul kembali setelah Luffy masuk ke daftar buruan dengan harga 30.000.000 Berry (cerita 96 : Penjahat Besar dari Timur), Mihawk Si Mata Elang datang ke pulau yang disinggahi Shanks dan menunjukkan poster Luffy pada Shanks. Disinilah diketahui kalau Shanks dan Mihawk adalah rival.
Shanks kemudian diceritakan ketika sedang “berkunjung ” ke kapal Whitebeard untuk meminta Whitebeard “menarik” Ace dari tugasnya mencari Blackbeard.

 

Shirohige


Shanks kemudian muncul kembali pada cerita 234: Ingat Baik-Baik, setelah salah satu anggotanya, Rockstar berbicara dengan Edward Newgate alias Shirohige. Setelah menerima laporan dari Rockstar, Shanks bermaksud akan pergi bertempur dengan Shirohige.
Pada cerita 434:Si Rambut Merah dan Si Janggut Putih, Shanks sudah sampai ke kapal Shirohige setelah menembus garis pertahanan Angkatan Laut, dan bertemu dengan Shirohige (janggut putih), disinilah mereka membicarakan masa lalu mereka, termasuk terkuaknya kalau Shanks adalah murid Roger, tujuan Shanks sebenarnya adalah meminta Shirohige untuk menarik Ace dari tugasnya, sekarang Shirohige sedang mengutus Ace, komandan divisi 2 untuk mencarinya. Tetapi ditolak dengan amarah oleh Shirohige, akhirnya mereka berdua saling berhadapan dan ketika senjata mereka berbenturan, langit di atas mereka terbelah.
Berikutnya, nama Shanks disebut ketika seorang Angkatan Laut melapor pada laksamana Madya Momonga yang saat itu sedang mengantar Boa Hancock ke Impel Down. Si Angkatan Laut muda mengatakan bahwa Shanks diberitakan sedang mencoba menghentikan Kaidou karena Kaidou berusaha menghentikan niat Whitebeard untuk datang ke Marine Ford dan membebaskan Ace dari rencana hukuman mati.
Di cerita akhir Perang Marine Ford, Shanks diceritakan menghentikan Perang Marine Ford karena Whitebeard dan Ace sudah mati. Sebelumnya, Shanks diceritakan tiba-tiba datang saat melindungi Coby dari serangan Akainu yang akan membunuhnya karena di mata Akainu, Coby dianggap sebagai Angkatan Laut yang lemah dengan berusaha menghentikan perang.

 

Kekuatan dan Keahlian


Hingga saat ini, belum diketahui gaya bertarung Shanks, tetapi dia diketahui memiliki senjata berupa pedang (cutlass). Dia sudah dikenal menjadi orang yang kuat karena telah menjadi Yonkou dan sudah pernah mengalahkan pendekar pedang nomor satu, Juraquille Mihawk. Shanks juga memiliki kemampuan yang disebut sebagai “Haki”, pada pertemuannya dengan Shirohige, hampir semua anak buah Shirohige pingsan ketika Shanks mengeluarkan kemampuan ini. Bukti lainnya juga ketika Luffy ditolong Shanks 10 tahun yang lalu, yaitu ketika berhadapan dengan monster laut, Shanks hanya menatap monster itu dengan marah dan monster itu pergi ketakutan (bisa dikatakan ini sebagai “Haki” yang pertama kali ditunjukkan dalam cerita One Piece. Sekarang Shanks hanya punya satu lengan, tetapi tetap memiliki kekuatan luar biasa.

 

Kepribadian


Shanks adalah orang yang kalem, dan lebih banyak tertawa dalam pemunculannya. Dia tidak marah walaupun diejek habis-habisan oleh Higuma, juga waktu menanggapi kalau suratnya ditolak oleh Shirohige. Dia merasa sangat bertanggung jawab dengan keselamatan anak buahnya. Shanks hanya terlihat marah ketika Luffy hendak dimakan oleh monster laut, sampai-sampai monster laut itu ketakutan saat melihat matanya. Meskipun terlihat keren, Shanks kadang-kadang juga bingung bila menghadapi suatu keadaan, salah satunya adalah ketika Luffy disandera Higuma, Shanks menjadi bingung hingga harus dibentak oleh Benn Beckman, selaku wakil kapten. Bagi Luffy, Shanks adalah sosok pahlawan yang menjadi tujuan hidupnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar