Minggu, 13 Mei 2012

Pedang di Dunia One Piece



Share 33Pedang adalah senjata yang sangat umum digunakan dalam One Piece. Banyak orang yang menggunakannya, dan mereka harus berlatih keras agar dapat menggunakannya dengan baik. Orang-orang ini disebut sebagai “Pendekar Pedang”.
Pedang yang digunakan dalam One Piece diklasifikasikan menjadi beberapa tipe.

Katana
Katana salah satu tipe pedang Jepang. Memiliki satu sisi tajam, dan sedikit melengkung, katana sering digunakan oleh samurai. Pedang Tashigi yang bernama “Shigure” digolongkan dalam katana.

Daitō (“Pedang Panjang”)
Daitō memiliki bentuk seperti katana, hanya saja lebih panjang. Panjang dari pedang Daitō adalah sekitar 60 sentimeter dengan bentuk yang lurus. Ketiga pedang yang digunakan Zoro termasuk dalam golongan Daitō.

Nodachi
Nodachi adalah pedang “dua tangan” dari Jepang. Bila dibandingkan dengan katana, Nodachi lebih sulit dikuasai tetapi lebih mematikan bila penggunanya benar-benar menguasainya. Panjang gagang Nodachi beaneka ragam, antara 30 hingga 33 sentimeter. Kemampuan memotong dan jaraknya mengalahkan katana, hal ini didukung oleh ukurannya. Kapten dari Heart Pirates, Trafalgar Law menggunakan pedang tipe ini.

Cutlass
Cutlass adalah pedang yang agak pendek dengan bentuk bagian tajamnya melengkung serta gagangnya memiliki bagian yang melindungi tangan penggunanya. Pedang ini sering digunakan oleh para anak buah dengan level rendah.

Saber
Saber adalah salah satu tipe pedang dengan satu sisi bagian tajam dan memiliki bagian pelindung gagang yang cukup besar. Tidak seperti cutlass, Saber adalah pedang yang cukup panjang dan lebih tipis. Shanks, memiliki Saber yang besarnya tidak normal, dan Vista juga menggunakan 2 pedang yang diklasifikasikan sebagai saber.

Kukri
Kukri adalah pedang yang berat dan melengkung serta serta selain digunakan sebagai senjata, juga digunakan sebagai alat. Pedang ini melengkung sekitar 20°, meskipun ada beberapa yang lebih melengkung lagi. Kukri memiliki panjang sekitar 30 sentimeter. Pedang ini rata-rata memiliki sati sisi tajam. Senjata Sarquiss si “Pisau Besar” adalah Kukri, begitu juga senjata Helmeppo.

Shikomizue
Shikomizue adalah pedang Jepang yang biasanya disembunyikan dalam tongkat. Pedang ini menjadi populer ketika ada larangan membawa Katana. Brook terlihat membawa pedang ini dengan menggunakan gaya bertarung anggar.

Pedang Jepang
Dalam dunia One Piece, pedang Jepang sendiri memiliki 4 (empat) golongan.

1. 12 Saijō Ō Wazamono
Bisa juga diartikan sebagai 12 Pedang Paling Luar Biasa. Sebutan ini layak diberikan karena 12 pedang yang dimaksud adalah pedang dengan kemampuan paling tinggi diantara pedang-pedang Jepang yang lain.
2 pedang dari golongan ini yang sudah diceritakan adalah Kokutō Yoru, pedang milik Mihawk dan Shodai Kitetsu, pedang terkutuk Generasi Pertama.

2. 21 Ō Wazamono
Bisa juga diartikan sebagai 21 Pedang Luar Biasa. Sebutan ini diberikan karena kemampuan dari ke-21 pedang dari golongan ini yang memiliki kemampuan setingkat dibawah 12 Pedang Luar Biasa.
3 pedang dari golongan ini yang sudah diceritakan adalah Wadō Ichimonji, pedang peninggalan Kuina yang sekarang dibawa oleh Zoro. Shuusui, pedang yang didapatkan Zoro setelah bertarung dengan Samurai Ryuuma, dan Nidai Kitetsu, pedang terkutuk Generasi Kedua.

3. 50 Ryō Wazamono
Bisa juga diartikan sebagai 50 Pedang Terhebat. Sebutan ini diberikan untuk menghargai ke-50 pedang yang masing-masing memiliki kemampuan meskipun masih dibawah 21 Ō Wazamono.
2 pedang dari golongan ini yang sudah diceritakan adalah Kashū, pedang milik Mr. 11 yang sekarang menjadi milik Tashigi dan Yubashiri, pedang pernis hitam yang terkena karat Kapten Shuu di Enies Lobby.

4. Wazamono
Bisa juga diartikan sebagai Pedang Hebat.
2 pedang dari golongan ini yang sudah diceritakan adalah Shigure, pedang milik  Tashigi dan Sandai Kitetsu, pedang terkutuk Generasi Ketiga yang digunakan Zoro.

Beberapa pedang yang tidak bernama dan tanpa penjelasan
  • Kiribachi - merupakan gabungan dari gergaji dengan zanbato (pedang penebas kuda).
  • Funkfreed - pedang lengkung negara barat yang bisa berubah menjadi gajah.
  • Ohm’s sword - masuk golongan katana, tapi dia bisa berubah bentuk.
  • Pedang T-Bone – pedang besar.
  • Pedang Kaku – sepasang katana dengan gagang kayu.
  • Pedang Helmeppo – masuk golongan kukri.
  • Pedang Shanks – masuk golongan saber.
  • Pedang Shiryuu – masuk golongan nodachi.
  • Pedang Trafalgar Law – masuk golongan nodachi.
  • Pedang Gorosei Botak – masuk golongan katana.

1 komentar: