Kamis, 26 April 2012

Thousand Sunny


Thousand Sunny adalah kapal kedua yang digunakan Bajak Laut Topi Jerami sebagai alat transportasi utama mereka mengarungi lautan setelah “meninggalnya” Going Merry. Kapal ini memiliki tipe Brigantine sloop dan dibuat oleh Franky dengan bantuan Iceburg, Paulie, Yokozuna, Tilestone dan Lulu. Dibuat dari kayu Adam, kapal ini diperkirakan memiliki besar 2 kali Going Merry. Banyak hal yang diharapkan Anggota Topi Jerami untuk Going Merry pada saat direncanakan untuk diperbaiki (sebelum sampai di Water Seven), dan hampir semua itu terwujud dalam Thousand Sunny.

Design Kapal dan Penampilan

Thousand Sunny bertipe Brigantine Sloop, yang berarti navigator sangat berperan penting dalam pergerakannya. Kapal ini memiliki rumput di deknya, lengkap dengan ayunan dan seluncuran (semakin memperlihatkan kalau Franky dan kru Topi Jerami itu kekanakan ^_^), juga ada tower pengintainya. Tiang utamanya sangat besar yang memungkinkan kapal ini untuk bisa bergerak secara fleksibel. “kepala kapal”nya, seperti juga Going Merry, adalah kepala binatang. Singa adalah binatang yang dipilih untuk mewakili kapal ini, meskipun pada awalnya (karena bentuk surainya seperti kelopak bunga) dianggap sebagai bunga matahari dan matahari.

Pada komik jilid 46, satu set komplit blueprint (rancangan ruang/denah)  Thousand Sunny dijabarkan oleh Odacchi. (Karena gambarnya tidak bisa diperbesar dengan jelas, maka akan dimasukkan dalam halaman khusus – bisa didownload di halaman “Download Lainnya”)
           

Kepala kapal, Kemudi, dan Jangkar

Kepala kapal Thousand Sunny adalah kepala singa dengan dua tulang dibelakangnya sebagai ikon dari Jolly Roger. Mulut dari kepala kapal ini bisa terbuka untuk menembakkan meriam yang diberi nama Gaon Cannon (“Gaon” adalah bahasa Jepang untuk suara singa) oleh Franky, sementara surainya bisa berputar seperti baling-baling yang membuat Sunny bisa bergerak mundur. Dilihat dari bentuk dan warnanya, kepala kapal ini sering dianggap sebagai bunga matahari atau matahari itu sendiri.

Thousand Sunny memiliki kemudi di depan, posisi kemudi seperti ini biasa dipakai pada kapal-kapal modern, sementara kapal jenis lama selalu memiliki kemudi di bagian belakang. Pada roda kemudi dapat ditemui tombol yang menghubungkan dengan soldier dock system, dan sebuah log post besar ada di belakang kemudinya. Ada juga bangku agar pengemudi merasa nyaman.

Jangkar Thousand Sunny bertempat di masing-masing sisi. Jangkar ini berbentuk kaki singa. Tali jangkar keluar dari cincin logam yang terdapat pada bagian belakang kepala kapal.

Kamar Laki-laki dan Perempuan

Kamar untuk para anggota laki-laki terdapat di lantai satu bagian depan kapal, sementara kamar untuk perempuan terdapat di lantai dua, diatas kamar laki-laki.

Kamar laki-laki dapat dimasuki dari kedua pintu yang terlihat dari dek. Di tengah kamar ini ada horigotatsu type kotatsu, perapian tradisional Jepang, lengkap dengan meja dan sofa. Dalam kamar ini tempat tidurnya adalah buaian dari kayu dengan dua atau tiga tingkat.Di belakang tempat tidur, terdapat enam lemari tempat para anggota menyimpan pakaian mereka. Terpasang di dinding poster buruan dari masing-masing anggota pria. Hanya poster Sanji yang tidak ada.

Kamar perempuan adalah kamar yang lebih “kamar tidur” daripada kamar laki-laki. Ada dua buah ranjang, sebuah kamar mandi dan meja rias. Peti harta Nami juga bisa ditemukan di kamar ini.

Pada bagian depan kamar dari masing-masing terdapat wastafel. Di bagian pria adalah wastafel biasa dengan beberapa sikat gigi. Untuk bagian perempuan, ada lemari dimana anggur dan teh bisa ditemukan, air panas untuk teh didapat dari saluran yang terhubung dari dapur. Di kedua kamar ini juga ada bel untuk membangunkan kru ketika ada situasi gawat atau memanggil untuk berkumpul.

Dapur, Ruang Makan, dan Ruang Kesehatan

Dapur, ruang makan dan ruang kesehatan bisa ditemukan di buritan kapal.

Dapur dan ruang makan di kapal ini mewakili sebuah restoran kecil. Dapurnya memiliki alat-alat dan perlengkapan untuk koki profesional. Termasuk didalamnya adalah oven raksasa untuk memasak apapun dan kulkas raksasa dengan kunci. Kulkasnya dikunci dengan nomor empat digit yang hanya diketahui oleh Sanji, Nami, dan Robin yaitu 7326. Hal ini karena nomornya diambil dari nama Nami dan Robin. 7 dan 3 (dlm bahasa Jepang) bisa disebut dengan “na” dan “mi”. Hal yang sama, 2 dan 6 bisa disebut dengan “ni” dan “ro”. 3 dan 2 juga bisa disebut “san” dan “ji”. Di dapur ini juga ada bagian dari tiang utama kapal yang di dalamnya dipasangi alat untuk mengirimkan makanan dari dapur ke ruang santai dengan akuarium di lantai bawahnya. Di dapur ini juga ada tangga untuk menuju ke dek. Sebuah Den Den Mushi juga bisa ditemukan di belakang sofa.

Kapal ini memiliki ruang kesehatan, ruang yang tidak dimiliki oleh Going Merry. Ruangan ini memeiliki berbagai macam kebutuhan medis dan meja, ranjang pasien dan kursi putar favorit Chopper. Ruang kesehatan ini secara umum digunakan untuk merawat kru TopiJerami yang sakit atau untuk merawat luka yang sering dialami oleh kru. Bila tidak digunakan, ruangan ini menjadi menjadi tempat istirahat Chopper, karena itu pula Chopper menganggap bahwa ruangan ini adalah ruang pribadinya.

Bar  Akuarium

Ini adalah tempat yang sangat bagus untuk menyimpan ikan sebelum dimakan, karena dengan cara ini maka ikan benar-benar segar sebelum dimasak. Akuarium ini berbentuk separuh lingkaran yang mengelilingi bar dengan tinggi mencapai atap. Bila ada yang ingin menangkap ikannya, mereka harus mengambil jala dan menangkap dari lantai dua, bila itu gagal, mereka bisa menyelam dan mengambilnya sendiri. Di tengah ruang Bar adalag tiang kapal yang memiliki lorong dari dapur dan laci. Dari suasana ruang ini, Franky mengatakan bahwa ini ruangan yang sangat cocok digunakan saat makan malam. Luffy dan Usopp pernah memancing ikan untuk mengisi akuarium ini, dan diakhiri dengan tertangkapnya seekor ikan hiu. Tetapi ketika mereka memasukkannya, ketika mereka turun untuk melihatnya, semua ikan tangkapan mereka habis, kecuali si hiu tentunya.

Perpustakaan, Ruang Kerja, Kamar Mandi, Menara Pengintai, dan Ruang Survei

Sebuah ruang yang terlihat seperti pondok di bagian belakang adalah Kamar Mandi dan Perpustakaan. Di masing-masing sisinya adalah lampu. Perpustakaannya berbentuk  ruang berbentuk melingkar yang luas. Kecuali Luffy, semuanya mempunyai buku yang disimpan disini. Melingkar sesuai bentuk ruangan terdapat ttempat duduk memanjang. Di tengah ruangan terdapat meja tempat Nami menggambar peta yang berisi Log kapal dan barang-barang lainnya. Menurut Nami, perpustakaan ini adalah “Otak Sunny”.

Di atas perpustakaan terdapat kamar mandi yang memiliki bath tub lebih luas daripada bath tub di Going Merry. Nami pernah bilang kalau berendam saat kapal sedang berlayar terasa seperti ketika berada di spa.

Pada puncak tiang utama terdapat Menara Pengintai. Bentuknya hampir bulat dengan banyak kaca di sisinya. Menara ini memiliki teleskop yang modern dan mikrofon untuk pengeras suara. Mikrofon ini dihubungkan dengan pengeras suara yang terletak di bawah menara pengintai. Menara pengintai ini juga merupakan tempat Zoro berlatih, jadi didalamnya terdapat beberapa barang seperti barbell dan lainnya.

Di atas dapur dan ruang makan terdapat area yang menyerupai bagian atas Going Merry. Area ini digunakan untuk Pohon Jeruk Nami, Kebun Robin dan cerobong asap dari dapur.

Di bawah dek, tepat di belakang Soldier Dock System, terdapat dua ruangan untuk membuat alat-alat dan berbagai benda lain, ruangan ini adalah Pabrik Usopp dan Ruang Pengembangan Senjata Franky. Kedua ruangan ini dilengkapi dengan papan gambar dan alat-alat untuk membuat rancangan dari benda-benda yang bisa digunakan oleh kru Topi Jerami nantinya.

Fitur

Thousand Sunny memiliki banyak tambahan hal-hal yang sangat diharapkan oleh kru Topi Jerami, dan beberapa yang lain adalah hal-hal yang ditambahkan oleh Franky sendiri. Penambahan ini termasuk Soldier Dock System dan beberapa hal lain yang membuat kapal ini semakin kuat dan unik.

Soldier Dock System

Soldier Dock System adalah system yang dibuat untuk mempermudah kru dan Sunny sendiri untuk “bergerak”. Ruangan ini terdiri dari 6 ruangan dan merupakan ruangan yang dapat berputar dengan pintu di samping kapal. Ruangan ini ditandai dengan adanya lingkaran dengan nomor 0 hingga 4 di samping kapal. Ruangan dengan nomor  0 (2 ruangan yang saling membelakangi) adalah pedal-roda, ruangan ini dapat dikeluarkan ketika sedang tidak ada angin sehingga Sunny tidak menggantungkan pada angin dalam bergerak. 4 ruangan yang lain berisi kendaraan yang berbeda fungsi dan bentuknya. Seperti namanya (Soldier Dock System), Franky menyebut bahwa Sunny adalah Markas dari Soldiers(para tentara)-nya, yaitu kendaraan-kendaraan yang tersimpan di dalamnya. Hingga Chapter 635, sudah ditunjukkan bahwa Sunny kini memiliki 5 Channel. Tetapi Odacchi belum menjelaskan secara spesifik bagaimana perubahan dalam Soldier Dock System. Karena bila dirasionalkan, berarti Sunny harus kehilangan roda pedalnya sehingga bila tak ada angin, Sunny tak akan bisa bergerak kemana-mana kecuali dengan Coup de Burst.

    Channel Zero (Nol) : Terdiri dari dua ruangan yang berisi pedal-roda yang merubah kapal menjadi versi Paddle-Wheel Sunny (Sunny Roda-Pedal). Pedal ini dijalankan oleh tenaga Cola. Pedal ini bisa berputar balik (mundur) ataupun beda putaran (berputar dengan poros tengah). Dengan pedal ini, gerakan Sunny menjadi tidak terbatas.

    Channel One (Satu) : Berisi Shiro Mokuba I (Kuda Goyang Putih I). Kuda Putih ini adalah Weaver yang mereka dapatkan dari kapal yang jatuh saat akan menuju Pulau Jaya kemudian ke Pulau Langit. Weaver ini dimodifikasi bentuknya oleh Franky sehingga tampak seperti kuda-kudaan.

    Channel Two (Dua) : Berisi Mini Merry II (Merry Kecil II). Mini Merry adalah kapal kecil yang dibuat oleh Franky memiliki kepala kapal seperti Going Merry. Usopp mengatakan kalau kapal ini adalah reinkarnasi dari Merry. Kapal kecil ini adalah kapal untuk berbelanja yang bisa diisi oleh 4 orang. Kapal ini tidak memiliki layar karena bergerak dengan pedal.

    Channel Three (Tiga) : Berisi Submerge Shark III (Kapal Selam Hiu III) . Kapal Selam yang berbentuk hiu ini bisa dinaiki 3 orang. Batas kedalaman yang bisa dicapainya adalah 5.000 meter. Kapal selam ini juga memiliki Den-Den Mushi untuk tetap berhubungan dengan Kapal Induknya.

    Channel Four (Empat) : Ketika masih kosong, ruangan ini digunakan untuk mengeluarkan kolam kecil bagi kru Topi Jerami yang ingin berenang. 2 tahun yang lalu, Franky mengatakan kalau Channel 4 ini akan diisi senjata yang mungkin akan dibutuhkan kru Topi Jerami kelak. Dan setelah 2 tahun, kini ruangan ini diisi Kurosai FR-U IV (Badak Hitam FR-U IV). Kurosai FR-U IV adalah sepeda motor besi beroda tiga yang memiliki pelindung depan berbentuk badak. Sepeda motor ini bisa bergabung dengan Brachio Tank V menjadi Iron Pirate Franky Shogun.

    Channel Five (Lima) : Berisi Brachio Tank V (Tank Brachio V). Sesuai dengan namanya, Brachio Tank adalah sebuah tank yang hingga Chapter 635 terlihat bisa diisi oleh 4 penumpang. Kata “Brachio” sendiri diambil dari Brachiosaurus, yaitu salah satu jenis dinosaurus pemakan dedaunan yang mirip dengan Brontosaurus.

Coup de Burst

Coup de Burst adalah salah satu manuver yang dimiliki oleh Sunny dan pernah digunakan untuk menghindari serangan Kakek Luffy. Pada dasarnya, Sunny menggunakan 3 botol Cola untuk menghasilkan ledakan energy dari belakang kapal yang membuatnya “meloncat” ke udara yang disebut Franky sebagai “Water Escape”. Manuver ini pernah dilakukan Going Merry ketika melarikan diri dari kepungan Buster Call di Enies Lobby, tapi pada waktu itu yang digunakan adalah “Coup de Vent” Franky.

Chicken Voyage

Chicken Voyage adalah manuver yang dapat dilakukan Sunny untuk menghindari serangan dengan mundur ke belakang. Gerakan ini dilakukan dengan memutar “surai” pada kepala kapal Sunny. Manuver ini digunakan pertama kali ketika menghindari jangkar besar yang dijatuhkan Flying Fish Riders.

Gaon Cannon

Gaon Cannon adalah meriam yang tersembunyi di balik mulut kepala kapal Sunny. Meriam ini tidak menggunakan bola meriam sebagai peluru, tapi mengeluarkan semacam gelombang perusak yang biasa disebut “Beam”. Meriam ini diaktifkan dari dalam “kepala” Sunny. Serangan ini pertama kali digunakan untuk menghancurkan sebagian markas Flying Fish Riders. Serangan ini membutuhkan 5 drum Cola. 3 drum untuk serangan, 2 sisanya untuk mengeluarkan Coup de Burst untuk menstabilkan kapal.

Sejarah

Konsep Thousand Sunny dipikirkan Franky sejak kecil. Terinspirasi oleh karya Tom, Oro Jackson, Franky punya mimpi untuk bisa membuat kapal yang dapat mengarungi seluruh samudera. Mimpi ini sempat hilang ketika Tom ditangkap oleh Pemerintah Dunia. Franky menyalahkan dirinya sendiri atas tertangkapnya Tom dan bersumpah tidak akan membuat kapal lagi.

Setelah insiden Enies Lobby, mimpi Franky kembali dan dia membuatkan kru Topi Jerami kapal yang dicita-citakan ketika masih kecil. Dia merasa berhutang budi pada kru Topi Jerami setelah apa yang terjadi. Dengan Adam Wood yang dibelinya dengan uang yang dicuri anak buahnya dari Usopp, Franky membuat kapal di pulau rongsokan kapal dibantu oleh Yokuzuna, Iceburg, Paulie, Lulu, dan Tilestone. Setelah beberapa malam bekerja keras, Iceburg yang menunjukkan kapal baru itu pada kru Topi Jerami.

Penamaan Kapal

Nama Thousand Sunny adalah nama yang diusulkan Iceburg yang menggambarkan sebuah kapal yang akan mengarungi seribu lautan seperti matahari. Sebelum itu, anggota kru ingin member nama juga, Kebanyakan dari nama-nama itu diusulkan oleh Luffy.

Polar Bear Lion (Beruang Kutub Singa): Nama pertama yang diusulkan Luffy.
Tiger Wolf Lion (Harimau Serigala Singa): Nama kedua yang diusulkan Luffy.
Squid Octopus Chimpanzee (Cumi-cumi Gurita Simpanse): Nama kedua yang diusulkan Luffy.
Dumpling Gorilla Lion (Biji Gorila Singa): Nama keempat yang diusulkan Luffy.
Master Sleeping Lion (Master Tidur Singa): Nama yang diusulkan Zoro.
Darkness Pill (Pil Kegelapan): Nama yang diusulkan Robin.
Cotton Candy Sunflower (Kembang Gula Bunga Matahari): Nama yang diusulkan Sanji.
New Battle Franky, Lion Gang Champion (Battle Franky Baru, Geng Juara Singa: Nama yang sebenarnya diharapkan Franky.

Penamaan kapal ini juga mempengaruhi pecinta dan pembaca One Piece. Banyak yang mengira nama kapal ini adalah “King of Beasts”, berdasar dari kata-kata Iceburg bahwa kapal ini adalah kapal dari calon Raja Bajak Laut, maka seharusnya memakai nama raja dari binatang, Singa. Pada chapter 489 and 495, Brooke memanggil kapal ini Sunny “Lion-Chan”.

2 Tahun Kemudian

Setelah 2 tahun para Kru berlatih, Sunny mengalami sedikit penambahan fitur. Fitur tambahan yang pertama kali diperlihatkan adalah adanya lampu dari kedua mata Patung Singa Sunny. Selain itu, pada Soldier Dock System Channel Four kini sudah diisi dengan Kurosai FR-U IV dan adanya penambahan Channel Five yang berisi Brachio Tank V. Belum diketahui apakah Channel V yang terhitung sebagai tambahan tersebut diambil dari Channel Zero yang sebelumnya berisi pedal atau memang Franky menambahkan ruang tersendiri di Soldier Dock System untuk Channel Five tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar