Jumat, 27 April 2012

Jimbei Sang Ksatria Laut

JiMibe (one Piece Data Bo
Jinbei (baca:Jimbei)
Sang Ksatria Laut
Kemampuan Manusia Ikan (Merman)
Ikan Paus Hiu
250 juta berry (saat menjadi Shichibukai)
400 juta berry (setelah keluar dari Shichibukai)
Pertama kali namanya disebut oleh Yosaku bahwa dia adalah pemimpin kelompok bajak laut manusia ikan “Matahari”. Tato matahari bisa dilihat pada tubuh mantan kelompok bajak laut “matahari” seperti Arlong, Hachi, dkk. Dia pergi meninggalkan mereka karena mencalonkan diri sebagai Shichibukai. Statusnya sebagai kapten diberikan kepada Arlong setelah dia pergi. Arlong kemudian menggunakan tato hiu gergaji sebagai lambang kelompok bajak lautnya. Dilihat dari bahasa aslinya (bahasa Jepang) maka Jinbei diartikan paus hiu.

Karena ia menolak membantu pemerintah melawan Shirohige, maka ia dipenjara di Impel Down. Dia menolak karena merasa bahwa Shirohige  berjasa besar pada Pulau Manusia Ikan. Dalam penjara, dia berteman dengan Ace. Ketika Luffy datang ke Impel Down untuk membebaskan Ace, Luffy tidak bisa betemu Ace karena sudah dibawa ke Markas Besar Angkatan Laut. Dan ketika Luffy hendak berangkat menyelamatkan Ace, Jinbei menawarkan diri untuk membantu Luffy. Luffy menerima bantuan dari Jinbei, dan hal ini berlanjut hingga peperangan antara Angkatan Laut dengan Bajak Laut Shirohige berlangsung.

Ketika Ace meninggal, Jinbei-lah yang menyelamatkan Luffy dari percobaan pembunuhan Akainu pada Luffy. Dan Jinbei pula-lah yang menyadarkan Luffy ketika mental Luffy sudah hampir hancur menyadari bahwa Ace telah meninggal. Jinbei mengingatkan Luffy bahwa Luffy belum kehilangan segalanya. Dan itulah saat Luffy menyadari bahwa dia masih punya Kru yang bisa diandalkan.

Pada akhir cerita di Pulau Fishman, Luffy sempat meminta Jinbe untuk menjadi anggota kru Bajak Laut Topi Jerami. Tetapi dengan alasan bahwa masih ada yang harus dilakukannya, Jinbe menolak tawaran Luffy. Hanya saja, Jinbe mengatakan pada Luffy, apabila urusan yang harus dilakukannya itu selesai, dia akan menemui Luffy dan meminta Luffy agar memberikan penawaran yang sama padanya.

Kekuatan dan Kemampuan

Jinbei merupakan orang dari golongan Manusia Ikan. Selain itu, dia juga diterima menjadi Shichibukai oleh Pemerintah. Dari fakta itu, kemampuan Jinbei sudah tidak diragukan. Tetapi hal ini ditunjukkan oleh Odacchi pada cerita ketika Jinbei membantu Luffy keluar dari Impel Down dan menuju ke Marine Ford. Selain itu, Luffy juga sempat berkata bahwa Jinbei “Sekuat Neraka” (Sangat Kuat Sekali). Pada cerita Pulau Fishman, ditunjukkan juga bagaimana menghajar Wadatsumi (Manusia Ikan Raksasa yang besarnya berkali-kali lipat Jinbe).

Beberapa kemampuan Jinbei yang sudah diperlihatkan, antara lain :

Berbicara dengan ikan (Memanggil Ikan Hiu-Paus)
Memiliki Ilmu Karate Manusia Ikan
Mampu memanipulasi Air Laut menjadi senjata

1 komentar: