Minggu, 29 April 2012

Poneglyph

sumber data : onepieceindo.com

Poneglyph
secara harfiah diterjemahkan sebagai “Sejarah berupa Tulisan”, Poneglyph merupakan batu raksasa berwarna biru dan berbentuk kubus yang di salah satu permukaannya terpahat tulisan dengan huruf kuno berupa penjelasan dari sejarah. Poneglyph jumlahnya banyak dan tersebar di dunia. Poneglyph pertama yang ditunjukkan terdapat di Alubarna di makam kerajaan [Buku 22, Chapter 202] dan satu-satunya orang yang tersisa di dunia yang bisa membaca Tulisan Kuno yang terukir di Poneglyph adalah Nico Robin.



Kekuatan Poneglyph

Poneglyph tidak memiliki kekuatan secara fisik untuk melakukan sesuatu, tetapi tulisan yang terpahat pada poneglyph mempunyai kekuatan untuk mengubah dunia. Poneglyph dibuat dari batuan padat yang tak bisa dihancurkan. Tujuan dari penggunaan batuan padat tersebut adalah agar bisa tersampaikan ke masa depan meskipun jangka waktunya beberapa abad. Selain itu, batuan padat juga berfungsi sebagai pengganti dari kertas yang mudah hancur [Buku 41, Chapter 395].

Fungsi dan Tujuan Poneglyph

Masing-masing dari poneglyph menceritakan sebagian dari sejarah lama yang telah terlupakan. Dalam sejarah tersebut juga disebutkan dua senjata dengan kekuatan untuk menghancurkan dunia yaitu Pluton dan Poseidon (belum ditunjukkan dari poneglyph mana Uranus disebutkan). Dari seluruh poneglyph yang tersebar di Grand Line, terdapat dua jenis poneglyph [Buku 32, Chapter 301] yaitu:

(1) batu petunjuk, yaitu poneglyph yang memberikan petunjuk tentang informasi yang berhubungan dengan poneglyph lain dan juga tentang senjata kuno. Contohnya adalah Poneglyph di Skypiea dan Arabasta

(2) batu kebenaran, yaitu poneglyph yang menceritakan tentang potongan-potongan dari sejarah sebenarnya. Contohnya adalah poneglyph di Pulau Fishman.

Apabila sejarah yang dituliskan pada Batu Kebenaran dihubungkan, akan menceritakan kebenaran sejarah yang terjadi pada masa Abad Kekosongan. Oleh sebab itulah Pemerintah Dunia menganggap bahwa poneglyph adalah benda berbahaya dan orang yang bisa membaca poneglyph dianggap sebagai penjahat besar.

Rio Poneglyph

Robin tidak menyelesaikan kata-katanya saat akan menjelaskan tentang Rio Poneglyph, tetapi banyak muncul perkiraan bahwa Rio Poneglyph adalah kesimpulan total (inti) dari sejarah Abad Kekosongan yang oleh Pemerintah Dunia dilarang untuk dicari kebenarannya.

Hubungan dengan Pemerintah Dunia

Dalam usahanya mempelajari tentang poneglyph, para Sarjana dari seluruh dunia yang berkumpul di Ohara menyebar kembali ke seluruh penjuru dunia untuk mencari poneglyph serta mencari tahu tentang sejarah tentang abad kekosongan dan banyak diantara para sarjana yang ditangkap oleh Angkatan Laut atas perintah Pemerintah Dunia maupun yang kehilangan nyawa karenanya.
Hingga suatu saat, Cipher Pol 9 dengan bantuan Angkatan Laut datang ke Ohara untuk menghabisi semua sarjana yang ada di Ohara karena dianggap sebagai ancaman bagi Dunia dengan tuduhan melakukan kejahatan besar dengan berusaha menerjemahkan poneglyph. Dan pada akhirnya, bahkan Pulau Ohara dan perahu penyelamat-pun sampai dihancurkan dengan Buster Call untuk mewaspadai bila ada sarjana yang mencoba meloloskan diri dengan menyamar menjadi penduduk sipil. Selain itu, Ohara dihancurkan sampai tak bersisa dengan tujuan untuk dijadikan contoh hukuman bagi siapa saja yang mencoba menerjemahkan poneglyph, Pemerintah Dunia menggunakan Senjata Kuno sebagai alasan untuk melarang penerjemahan terhadap poneglyph. Tetapi sebelum Ohara dihancurkan, Prof. Clover sempat menyebutkan tentang kesimpulan dari penelitian para Sarjana tentang sejarah Abad Kekosongan pada Gorosei. Dan tepat sebelum Prof. Clover menyebutkan nama Kerajaan yang telah hancur itu, Gorosei memerintahkan Spandine agar menembak Prof. Clover [Buku 41, Chapter 395].

Poneglyph dan Kelompok Bajak Laut Sang Raja

Menurut Silvers Rayleigh, Sang Raja Bajak Laut bersama kelompoknya telah berhasil menyimpulkan inti dari sejarah yang dipaparkan oleh poneglyph. Tetapi Rayleigh menjelaskan bahwa apa yang sudah mereka simpulkan dan apa yang sudah disimpulkan oleh para sarjana Ohara adalah kesimpulan yang terburu-buru karena bila ada yang berhasil sampai di Raftel, mungkin akan mempunyai kesimpulan yang berbeda [Buku 52, Chapter 507].

1 komentar:

  1. numpang Iklan gan.

    Bahannya akibat seks BEBAS!!!, salah satunya penyakit kelamin HERPES .seperti apa selengkapnya Klik Obat Untuk Penyakit Herpes Genital 

    BalasHapus